-->

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membaca Puisi


Salah satu materi yang ada pada kurikulum bahasa Indonesia khususnya, pada kelas VIII adalah mengukapkan ide dan gagasan melalui puisi.

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang tersusun atas bait dan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan penuh makna. Karena tuntutan puisi tersebutlah, sehingga seorang penyair diharuskan mampu memilih kata-kata sehingga pesan dapat disampaikan dengan sangat indah. Sehingga untuk memahami sebuah puisi diharuskan mampu memahami setiap makna baik yang tersirat maupun yang tersurat.

Salah satu kegiatan dalam rangkaian pembelajaran puisi adalah membaca puisi. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membaca puisi antara lain:


Intonasi dan Volume

Membaca puisi termasuk kegiatan membaca indah. Keindahan membaca puisi tentunya tidak untuk di dengarkan pembacanya sendiri tetapi untuk dinikmati oleh orang lain. Karenanya, saat membaca puisi volume suara harus dapat terdengar oleh pendengar, selemah apapun volume itu.

Selain volume, intonasi juga sangat penting dalam membaca puisi. Intonasi yang tepat saat membaca puisi ini menunjukkan pemahaman pembacanya akan puisi yang dibaca. Puisi menjadi tidak datar dan terasa keindahannya.

Ekspresi Wajah/ Mimik

Pembaca puisi dapat dikatakan sebagai wakil penyair untuk menyampaikan pesan. Sehingga seorang pembaca puisi hendaknya memposisikan dirinya sebagai penyair. Pemahaman yang baik terhadap makna kata dalam puisi akan membantu pembaca puisi untuk mengekspresikan lewat guratan-guratan dan perubahan wajahnya. Karenanya, seorang pembaca puisi hendaknya mampu mengekspresikan setiap suasana puisi yang dibawakannya. Ia harus memahami bagaimana ekspresi wajah marah, sedih, gembira maupun kecewa.

Kinesik/ Kinestetik

Gerakan saat membaca puisi juga dapat membantu pembaca dalam menyampaikan pesan atau amanah puisi. Karena fungsi kinesik menekankan pesan yang disampaikan, maka gerakan tubuh yang muncul merupakan cerminan dari pemahaman pembaca dalam memaknai puisi. Sehingga kesan gerakan yang dibuat-buat tidak terlihat oleh pendengar ataupun pemirsa. 

Dengan memahami hal-hal di atas pembacaan puisi selain estetik, enak didengar dan dilihat juga akan mampu menyampaikan kesan, pesan dan amanat puisi.


0 Response to "Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membaca Puisi"

Posting Komentar

ads midle