-->

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 2

MENGIDENTIFIKASI MASALAH

Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola. Setelah masalah teridentifikasi masalah perlu dianalisis dengan cara melakukan refleksi dan menelaah masalah tersebut. Dari hasil analisis, dipilih dan dirumuskan masalah yang paling mendesak dan harus dipecahkan oleh guru. Masalah kemudian dijabarkan secara operasional agar dapat memandu usaha perbaikan

Selain itu, identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengkaji hasil belajar siswa, mengingat kembali proses pembelajaran, melihat catatan harian pada akhir pelajaran, atau bahkan bertanya kepada siswa atau teman sejawat. Dalam mengidentifikasi masalah harus memfokuskan masalah tersebut pada aspek tertentu. Misalnya keadaan sekolah,pros es pembelajaran dan sebagainya.

Langkah-langkah dalam menyusun rencana usaha perbaikan adalah:
  1. Rumuskan cara perbaikan yang akan ditempuh dalam bentuk hipotesis tindakan. Hipotesis tindakan adalah dugaan guru dengan cara yang terbaik untuk mengatasi masalah. Hipotesis dibuat berdasarkan kajian berbagai teori penelitian yang serupa dalam masalah, kemudian didiskusikan dengan pakar serta refleksi pengalaman sendiri sebagai guru. 
  2. Analisis kelayakan hipotesis tindakan. Setelah menetapkan alternative hipotesis yang terbaik, hipotesis perlu dikaji kembali kelayakannya dikaitkan dengan kemungkinan pelaksanaannya.. Ada 4 hal dalam analisis kelayakan hipotesis yang dikaitkan dengan rencana tindakan pelaksanaan: 
    • Kemampuan dan komitmen guru sebagai aktor pelaksana karena pelaksanaan PTK memang harus tumbuh dari keinginan guru sendiri dalam melaksanakan rencana perbaikan dan menyelesaikannya. 
    • Kemampuan dan kondisi fisik siswa dalam mengikuti tindakan tersebut, misal jika siswa diberi tugas setiap minggu apakah siswa cukup mampu menyelesaikannya atau malah membuat siswa malah menjadi bosan. 
    • Ketersediaan sarana yang di perlukan. 
    • Iklim belajar dan iklim kerja di Sekolah baik dari guru maupun siswa. 
Untuk mengidentifikasi masalah, guru dapat mengajukan pertanyaan berikut
  1. Apa yang sedang terjadi di kelas saya? 
  2. Masalah apa yang ditimbulkan oleh kejadian itu? 
  3. Apa pengaruh masalah tersebut bagi kelas saya? 
  4. Apa yang akan terjadi jika masalah tersebut saya biarkan? 
  5. Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut atau memperbaiki situasi yang ada? 
Bidang yang layak dijadikan fokus PTK adalah yang:
  1. melibatkan kegiatan belajar dan mengajar,
  2. mungkin ditangani oleh guru, 
  3. sangat menarik minat guru, serta 
  4. ingin diubah/diperbaiki oleh guru.

MENGANALISIS DAN MERUMUSKAN MASALAH


Berikutnya 1  2  3  4  5 6
================

0 Response to "Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 2"

Posting Komentar

ads midle