-->

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 1




Menjadi suatu kewajiban guru untuk menciptakan suasana belajar yang inspiratif, nyaman dan menyenangkan. Hal itu dibutuhkan agar materi yang disampaikan atau dipelajari dapat maksimal dicerna oleh siswa hingga dapat merubah kondisi siswa, bukan hanya dalam masalah kognitif tetapi juga untuk aspek keterampilan dan afektifnya.

Ketiga ranah tersebut (kognitif, keterampilan dan afektif) memang menjadi tuntutan pembelajaran kurikulum saat ini. Harapannya pembelajaran yang terjadi mampu menjadikan siswa meningkat ilmu dan keterampilannya serta aspek-aspek relijius dan sosialnya.

Namun, pada kenyataannya masih banyak ditemukan ketidakberhasilan proses belajar mengajar. Hal itu bisa dilihat dari hasil yang diperoleh baik dari aspek kognitif yang tidak mencapai batas minimal (KKM), keterampilan maupun afektifnya. Karenanya, untuk memperbaiki hasil proses belajar mengajar dibutuhkan penelitian tindakan kelas atau disingkat PTK.

Karenanya, menjadi kewajiban seorang guru untuk dapat melaksanakan PTK. Postingan berikut diharapkan mampu memberikan informasi cara melaksanakan PTK tersebut.

Secara keseluruhan, pelaksanaan penelitian tindakan kelas mempunyai empat langkah dalam satu siklus pembelajaran yang harus terpenuhi. Keempat langkah ini terus berjalan sampai ditemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Keempat langkah dimaksud adalah :

1. Merencanakan
2. Melakukan Tindakan
3. Menganati
4. Refleksi

Berikut akan diurai satu persatu empat langkah tersebut.

Menyusun rancangan tindakan (perencanaan)

Pada tahap ini, peneliti menjelaskan apa, mengapa, kapan, dimana, oleh siapa dan bagaimana penelitian tindakan kelas dilakukan. Peneliti menentukan titik-titik atau fokus peristiwa yang perlu mendapat perhatian khusus untuk diamati, kemudian membuat sebuah instrumen pengamatan untuk membantu peneliti merekam fakta-fakta yang terjadi selama pengamatan berlangsung. Strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan selera guru (peneliti) agar pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat terjadi dengan wajar tanpa merubah pembelajaran sebelumnya.

Pelaksanaan (Melakukan Tindakan)

Rancangan pelaksanaan penelitian tindakan kelas diimplementasikan atau diterapkan dan yang perlu diperhatikan adalah harus ada komitmen guru untuk tetap mengikuti rancangan yang telah direncanakan sebelumnya tanpa merubah kewajaran berprilaku, serta hindari situasi kekakuan, artinya biarkan mengalir seperti biasa supaya informasi yang diperoleh akurat. 

Melakukan Pengamatan

Pada saat pengamatan sebaiknya dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan pembelajaran, akan sangat sulit apabila peneliti (guru) juga bertindak sebagai pengamat. Dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelemahan ini, pertama dengan menjamin obyektifitas refleksi atau evaluasi atas pembelajaran dan yang kedua dengan memanfaatkan media informasi seperti kamera CCTV. Pada umumnya peneliti (guru) memanfaatkan teman sejawat untuk membantu mengamati kejadian-kejadian selama pembelajaran berlangsung.

Mengadakan Refleksi atau Pantulan

Kegiatan ini merupakan kegiatan menelusuri kembali perjalanan pelaksanaan pembelajaran dengan jalan mengingat-ngingat kejadian-kejadian yang terjadi selama pembelajaran. Kegiatan refleksi biasanya dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan.

Rencana merupakan satu kebutuhan pokok dalam melaksanakan setiap kegiatan, namun ada kalanya rencana harus dibuat secara khusus, lebih- lebih jika ada keperluan (kebutuhan) khusus untuk melakukan satu kegiatan. Langkah-langkah dalam PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur yang melalui 4 tahap yaitu: rencana,pelaksanaan,pengamatan,refleksi..

Kalau ke 4 tahap ini sudah dilaksanakan secara baik dan benar berarti seorang guru sudah bisa mengembangkan kemampuan profesinya secara professional. Dalam kegiatan belajar merencanakan dan melakukan tindakan dapat dilakukan dengan 4 langkah utama, yaitu:
1. Mengidentifikasi masalah
2. Menganalisis dan merumuskan masalah
3. Merencanakan penelitian tindakan kelas

4. Melaksanakan penelitian tindakan kelas

Berikutnya 1  2  3  4  5 6
================










0 Response to "Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian 1"

Posting Komentar

ads midle